5 Cara Jitu Memilih Produk Makanan Terbaik di Bulan Ramadhan

139 views

5ab334b66f842-produk-impor-ikan-makerel-sarden-kaleng-yang-terbukti-mengandung-cacing_665_374

Banyak hal yang diharapkan konsumen dari promo Ramadhan. Bukan hanya satu dua barang, tapi kebutuhan pokok lainnya yang memang banyak dibutuhkan di bulan puasa juga diharapkan bisa lebih murah dari hari biasa. Tapi, bagaimana memilih produk makanan terbaik yang bisa didapat dengan harga promo tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Cari Produk Terbaru

Cara pertama mendapat produk makanan terbaik adalah dengan mencari produk terbaru. Dalam hal ini, meski mereknya sudah terdengar familiar di telinga Anda dan iklannya bersileweran di layar kaca TV, ada produk yang hanya rilis khusus di Bulan Ramadhan.

Misalnya kurma, kue lebaran, aneka manisan dan buah kaleng, sampai aneka jenis sirop. Semua makanan ini biasanya diproduksi hanya beberapa hari sebelum Ramadhan sampai menjelang Lebaran. Beda dengan produk makanan lain yang biasa beredar di hari dan bulan biasa, Anda mungkin banyak mendapati produk makanan yang produksinya sudah 3-4 bulan.

  1. Amati Kemasannya

Mengamati package atau kemasan juga bisa menjadi cara jitu untuk memastikan kualitas sebuah produk. Pastikan segel, kertas label, dan aksesoris kemasan lainnya di bagian luar produk masih dalam kondisi baik.

Jika membeli produk makanan kaleng, baik itu seafood atau buah-buahan, lihat bentuk kalengnya. Jika menggelembung, sebaiknya jangan dibeli. Bisa jadi produk makanan tersebut telah terkontaminasi bakteri atau proses packaging-nya yang tidak sempurna.

  1. Cermati Komposisi

Cara berikutnya yaitu cermati komposisinya. Anda juga perlu tahu bahan apa saja yang digunakan saat membuat produk makanan tersebut. Jika ada bahan yang belum dipahami, Anda bisa mencarinya dengan cara browsing di internet.

Mengingat sangat mudah mencari jawaban dari berbagai pertanyaan di internet, Anda juga akan cepat menemukan arti bahan tersebut. Selain kondisi makanannya yang masih baik, pastikan juga status halal dari bahan penyusunnya. Setelah itu, lihat keberadaan cap MUI yang menjadi tanda sertifikasi halal.

  1. Lihat Kode Produksi dan Kedaluwarsa

Cara lainnya adalah dengan melihat kode produksi yang menunjukkan tanggal produksi sekaligus kedaluwarsanya. Sebaiknya pilih produk makanan dengan tanggal produksi yang tidak berbeda jauh dengan tanggal Anda membelinya.

Jika beli offline di toko atau supermarket, pilih jajaran belakang. Biasanya, produk yang datang lebih dulu akan diletakkan di depan. Meski tidak semua toko menerapkan cara ini, Anda tetap perlu meneliti perbedaan dari masing-masing kode produksinya.

  1. Periksa Kode BPOM-nya

Selain cap MUI, Anda juga perlu melihat cap BPOM yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah lulus uji kualitas, baik bahan maupun kemasannya. Jika Anda ragu, pengecekkan keaslian cap tersebut bisa dilakukan di laman BPOM atau melalui pesan SMS. Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, berarti cap tersebut memang benar-benar asli.

Kualitas makanan yang didapat dengan harga promo Ramadhan biasanya bagus. Apalagi jika promo, menerapkan harga murah pada produk terbaru merupakan salah satu strategi pengenalan produk pada konsumen. Pelayanan terbaik dan produk berkualitas bisa Anda peroleh dengan belanja online di Blibli.com. Komplain konsumen pun segera ditindaklanjuti.

Leave a reply "5 Cara Jitu Memilih Produk Makanan Terbaik di Bulan Ramadhan"