Bingung dengan Syarat Balik Nama Mobil? Ikuti Panduan Ini

100 views

Perihal pemenuhan syarat balik nama mobil tentu hanya terjadi pada orang yang baru membeli kendaraan. Yang paling utama dari proses balik nama mobil tentu saja agar Anda bisa memperoleh STNK yang baru. Fungsi STNK itu sebagai bukti bahwa Anda pemilik dan yang bertanggung jawab terhadap kendaraan tersebut. Kalau Anda sudah memiliki STNK, mau bayar pajak dan mengurus hal-hal lain pun akan mudah dibandingkan ketika harus menemui pemilik lama.

samsat-via-ramadoni-1024x493

Apa Saja yang Perlu Dilakukan untuk Proses Balik Nama?

  1. Anda harus menyalin KTP.
  2. Bawa BPKB dalam bentuk foto copy.
  3. STNK asli dan foto copy.
  4. Bukti transaksi berupa kuitansi dengan materai 6.000

Kalau sudah beres, tugas Anda tentu tinggal datang ke Samsat dan menyerahkan berkas-berkas itu di sana. Bagaimana panduannya?

  • Bawa serta mobil dengan kelengkapannya.
  • Cari lokasi untuk mengecek fisik mobil.
  • Formulir tentang pengecekan keadaan mobil yang disediakan langsung isi saja.
  • Berikan formulir ke petugas bersama STNK asli.
  • Serahkan juga kelengkapan surat-surat lain.
  • Ambil berkas tagihan yang musti dibayar ke kasir.
  • Kalau bisa lunasi tagihan itu agar lebih mudah.
  • Kalau sudah selesai, tugas selanjutnya tinggal urus BPKB baru di Kapolda.

Setiba di Kapolda, Anda tak perlu khawatir, karena prosesnya hampir sama dengan proses yang pertama tadi. Yang harus dipersiapkan cuma KTP asli, STNK asli, BPKB asli, dan surat kepemilikan sebagai identitas pemilik.

Untuk syarat balik nama mobil berikutnya tinggal meluncur ke kantor Samsat. Mudah saja langkahnya. Tinggal serahkan berkas-berkas tadi ke loket dan tinggal menunggu sebentar sampai cetakan STNK resmi dari Samsat keluar dengan selamat.

Pada tahun 2016, biaya mengurus STNK itu gratis. Namun berbeda dengan tahun ini. Ada biaya tambahan terkait proses penerbitan STNK yang baru, BPKB mobil baru, biaya BBN-KB, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Panduan ini tidak serumit kelihatannya. Kalau Anda langsung mengambil tindakan dan periksa satu persatu panduan di atas, tentu bukan hal sulit untuk mengembalikan nama mobil yang baru Anda beli. Masih banyak orang yang enggan mengurus syarat balik nama mobil. Mereka beranggapan prosedurnya terlalu rumit dan sulit diikuti. Belum lagi perbincangan panjang dengan pemilik STNK yang akan dialihkan.

Padahal, ketika sudah menyelesaikan prosedur syarat balik nama mobil, segala itu menjadi milik Anda akan lebih mudah dikelola. Mungkin agak rumit pada awalnya, namun pada akhirnya Anda akan merasakan perbedaan yang signifikan ketika seluruh dokumen beserta mobil berada di tangan. Mengenai bagaimana rasanya, silakan Anda coba sendiri. Semoga lancar, ya.

Leave a reply "Bingung dengan Syarat Balik Nama Mobil? Ikuti Panduan Ini"