Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun

195 views

Melakukan perjalanan jarak jauh selain membutuhkan banyak persiapan dalam banyak hal, terutama untuk urusan akomodasi. Bepergian memang bisa dilakukan dengan berbagai moda transportasi umum yang diinginkan, mulai dari bus, kereta api, pesawat, terbang, kapal api, dlsb. Jika Anda hendak bepergian dengan kereta api, pesan tiket  kereta jauh-jauh hari sangat disarankan. Sehingga Anda lebih leluasa memilih dari jenis pelayanannya juga untuk menghindari tiket dengan kota tujuan yang juga akan Anda datangi sudah habis terjual.

 dengan-adanya-mesin-cetak-tiket-mandiri-mempermudah-penumpang-kereta-api

Untuk memesan tiket kereta api bisa Anda lakukan dengan 2 cara, yaitu cara online dan cara offline. Tidak seperti dahulu yang tidak mensyaratkan apapun saat membeli tiket kereta api, sekarang Anda setidaknya harus mengisi berbagai macam formulir pembelian tiket. Untuk melakukan pemesanan tiket, Anda bisa mempersiapkan kartu identitas yang masih berlaku. Begitu juga jika Anda memesankan tiket kereta api untuk saudara maupun keluarga. Kartu identitas inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mengisi formulir pemesanan tiket kereta. Untuk mempercepat proses pengisian, membawa bolpoin sendiri juga sangat membantu agar tidak antri dengan pemesan tiket yang lain.

Untuk pesan tiket kereta api secara offline dengan mendatangi stasiun, Anda nantinya akan mengisi formulir pemesanan yang berisi sebagai berikut:

  1. Nama pemesan tiket, pengisian nama harus sesuai dengan nama yang tercantum dalam kartu identitas Anda.
  2. Nomor identitas, isikan nomor identitas sesuai dengan kartu identitas yang Anda bawa, baik KTP maupun SIM.
  3. Nama penumpang, jika lebih dari 1 maka Anda bisa mencantumkan nama yang lainnya pada formulir yang sama asalkan tidak melebihi jumlah 4 orang.
  4. Nomor kartu identitas penumpang, untuk jumlah nomor kartu bisa dari 1 hingga 4 per lembar.
  5. Jadwal kereta api.
  6. Nama kereta.
  7. Tujuan kota Anda.
  8. Nomor yang bisa dihubungi.

Memesan tiket kereta api bisa Anda lakukan jauh-jauh hari terutama untuk perjalanan jarak jauh yang memakan waktu berjam-jam dalam menempuhnya. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket untuk tiket dengan waktu, tujuan, dan kelas kereta yang telah Anda incar. Usahakan paling tidak pesan tiket kereta api 1 minggu sebelum keberangkatan. Membeli tiket jauh-jauh hari juga akan memberikan Anda banyak keuntungan, seperti masih banyaknya pilihan waktu berangkat, kelas kereta, dan tarif yang ditawarkan sehingga planning waktu tiba di kota tujuan sesuai dengan yang Anda rencanakan, Anda juga akan lebih bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda punyai.

Untuk melakukan pembelian tiket kereta api, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Anda harus menyesuaikan tiket kereta dengan kota tujuan Anda. Untuk itu pastikan terlebih dahulu kota yang Anda tuju memiliki kereta yang akan menuju ke kota tujuan Anda begitu pula sebaliknya.
  2. Pastikan terlebih dahulu tanggal keberangkatan, hal ini mengingat jumlah penumpang yang terbatas dengan tempat duduk yang sudah disediakan.
  3. Melihat jadwal keberangkatan, Anda harus menyesuaikan antara tanggal keberangkatan dan jadwal keberangkatan yang telah ditentukan.
  4. Kelas kereta, untuk kereta yang menempuh perjalanan jauh umumnya memiliki berbagai macam kelas, dari ekonomi sampai eksekutif.
  5. Menyesuaikan dengan budget, inilah sebabnya Anda harus pesan jauh-jauh hari karena masih banyaknya pilihan harga tiket dengan kelas tertentu yang menawarkan harga bersahabat dengan kantong Anda.

Bagi Anda yang ingin bepergian jauh dengan transportasi umum, mempersiapkan tiket jauh-jauh hari harus Anda lakukan. Jika memiliki kesibukan yang padat sehingga tidak memungkinkan untuk membeli secara offline maka pilihan membeli tiket secara online bisa Anda lakukan. Membeli tiket kereta secara online bisa Anda lakukan di berbagai situs jual beli online terpercaya yang akan memudahkan Anda dalam prosesnya.