Tips Berbusana Baju Gamis

373 views

vivayasuni.org – Tips Berbusana Baju Gamis, Tips Berbusana Baju Gamis

Tips Berbusana Baju Gamis

Serba-Serbi Baju Gamis
Baju Gamis
Baju Gamis
Istilah baju gamis pasti sudah tidak asing lagi terdengar di masyarakat. Terutama dikalangan muslimah. Baju gamis adalah salah satu jenis busana yang cocok dipakai untuk busana muslimah. Baju gamis sebenarnya adalah busana yang simpel karena baju gamis adalah baju terusan yang panjangnya hingga lutut, lengannya pun juga didesain panjang. Busana ini menutup hampir seluruh tubuh kecuali wajah tangan dan kaki. Baju gamis juga umumnya didesain longgar sehingga tidak jelas membingkai bentuk tubuh. Tidak heran jika busana ini cocok untuk busana muslimah karena memenuhi syarat menutup aurat wanita.
Darimana Datangnya Gamis?
Jika kita menghubungkan desain baju gamis dengan desain-desain baju nusantara, sepertinya baju gamis tidak sesuai dengan desain busana nusantara pada umumnya. Lantas darimana datangnya model busana ini, ya? Untuk mengetahui tu, ayo kita mengingat sedikit pelajaran sejarah.
Beberapa sumber menyatakan jika baju gamis bermula dari negara-negara Arab. Baju gamis datang ke Indonesia melalui para pedagang Arab pada zaman dahulu yang berdagang atau bermukim di Nusantara. Gamis terdiri dari tiga jenis yaitu gamis, tunik, dan abaya. Gamis adalah baju panjang longgar yang pakai oleh laki-laki ataupun wanita pada masa itu. Tunik adalah baju sepanjang pinggul yang menutup aurat bagian atas. Sedangkan abaya adalah baju panjang longgar yang didesain sesuai tubuh wanita. Seiring berkembangnya zaman, baju abaya lebih banyak berkembang dan dipakai wanita Indonesia dengan sebutan baju gamis.
Pemilihan Model Gamis
Perkembangan model gamis semakin bervariasi seiring berkembangnya fashion. Gamis juga menjadi perhatian para desainer dan pakar fashion. Banyak desainer muslim yang berkreasi dengan gamis agar gamis lebih stylish. Sehingga para muslimah tetap dapat tampil modis sekaligus tetap menutup aurat dengan baik.
Meskipun model gamis beragam dan sangat menarik, pemilihan gamis juga harus seseuai dengan kondisi tubuh dan warna kulit. Bagi wanita yang memiliki badan mungil, gamis dengan model tumpuk atau dengan pola garis vertikal akan memberi kesan bervolume pada tubuh Anda. Untuk pemilik tubuh besar tentunya harus memilih gamis yang lebih lebar dengan ukuran tubuh, tidak memakai pola garis horizontal dan bahan kaos yang menempel. Bahan kaos akan lebih beresiko menempel di tubuh dan menonjolkan bentuk tubuh Anda.
Warna busana gamis yang cocok untuk wanita berkulit gelap adalah warna lembut. Sesuaikan juga warna jilbab dengan warna gamis Anda. Jangan terlalu memakai aksesoris yang menonjol dan aksen yang berlebihan agar tidak menarik perhatian, lebih baik pilih gamis dengan desain yang simpel namun elegan.
Kini kreasi gamis batik juga telah merambah, dengan ide-ide desain yang segar, gamis batik tidak lagi terkesan tua dan ketinggalan zaman. Selain bentuk dan polanya yang indah, gamis batik juga sesuai untuk dipakai di acara-acara formal dan keluarga.
Pilihan tentu ditangan anda. Dengan melihat artikel berbusana baju gamis ini, semoga menambah wawasan dan semakin bijaksana dalam menentukan pilihan.

Salam, area kesehatan wanita.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Berbusana Baju Gamis, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Berbusana Baju Gamis berguna untuk anda.